12.9.08

5 Kerusakan Batere yang Sering Terjadi

1. Batere menggelembung karena hubungan singkat atau korslet secara mendadak akibat terjatuh atau terendam air. Akibatnya isi batere terkuras dengan cepat sehingga tabung batere menjadi panas dan menggelembung.
2. Batere sering drop. Ada beberapa penyebab hal ini terjadi, diantaranya kualitas baterenya tidak bagus, faktor usia batere karena penurunan nilai mAh (tekanan arus DC), dan tejadi korslet.
3. Batere panas karena kerusakan pada plat pengatur suhu di dalam batere. Pada flat batere terdapat komponen yang berfungsi mengatur basar kecilnya tegangan arus yang masuk atau keluar. Kerusakan ini berakibat pasokan arus tidak normal dan membuat batere panas.
4. Batere tidak ada arus sama sekali karena hubungan singkat (korslet) di mesin hape yang berimbas pada batere. Batere biasanya tidak mempunyai sekring otomatis yang bisa memutus arus yang dikeluarkan. Penyebab lainnya karena batere tersebut sudah lama tidak digunakan atau di-charge.
5. Batere tidak dapat mengisi. Bisa disebabkan oleh hapenya atau penghubung hape ke batere yang kurang bahkan tidak terkoneksi dengan baik. Penyebab lainnya ada di chargernya. Jika masalahnya di batere, maka perlu diganti. Kerusakan terjadi pada sel di tabung batere yang sudah membeku dan tidak dapat menerima dan menampung arus yang masuk.

No comments: